Rabu, 15 Juni 2016

Mengapa pada saat Mendung Udara di Sekitar Kita menjadi Terasa Lebih Panas?

(Tugas Softskill ke-4)

https://pixabay.com/id/photos/langit%20mendung/


Beberapa saat sebelum hujan biasanya kita merasa udara disekeliling kita terasa lebih panas. Hal ini dapat terjadi karena kelembaban udara disekitar kita menurun. Kelembaban udara berasosiasi dengan banyaknya uap air di udara. Jika kita merasa udara di sekitar kita lebih panas, berarti uap air di sekitar kita berkurang. Ini terjadi karena adanya ekspansi adiabatis dimana uap air bergerak lebih cepat ke atmosfer.

Ekspansi adibatis merupakan fenomena fisis yang melukiskan pergerakan massa udara secara vertikal. Hal ini ini terjadi karena suhu massa udara di permukaan lebih panas dari lingkungannya. Karena lebih panas maka massa jenisnya menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak naik.

Pada kondisi ketika uap air mengembun menjadi titik-titik air dalam awan, pada saat itu tengah terjadi proses pelepasan panas laten. Panas laten merupakan panas yang dikandung uap air pada saat terjadinya penguapan di permukaan bumi yang akan menaikkan suhu udara sekitar. Dan selanjutnya jika proses fisis di dalam awan tidak mengalami gangguan, maka akan terjadi peristiwa hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar