Rabu, 15 Juni 2016

Perjalanan Manusia Menuju Ruang Angkasa

(Tugas Softskill ke-5)

Sebagian besar dari kita semua pasti sudah tahu siapa itu Neil Amstrong. Ia adalah manusia pertama yang berhasil mendaratkan diri di bulan dengan menggunakan Apollo 11. Bersama dengan rekannya, Buzz Aldrin, ia berhasil menginjak bulan pada tanggal 20 Juli 1969. Mereka mendarat dengan selamat di Tranquility Base dan berada di permukaan Bulan selama 21 jam 36 menit 21 detik.

Dari kesempatan pendaratan pertamanya di bulan, Neil dan Aldrin mengambil sampel bebatuan bulan, menancapkan bendera AS, menanamkan seismograf, dan melakukan eksperimen bernama Lunar Ranging Retroreflector yang bertujuan mengukur jarak antara bulan dengan bumi menggunakan sinar laser.

Setelah prestasi yang berhasil dicapai oleh kedua orang tersebut banyak astronot kemudian kembali mencoba untuk menginjak bulan. Hal ini terbukti dengan adanya misi selanjutnya menggunakan pesawat Apollo 12, Pete Conrad and Alan Bean menjadi orang kedua yang melakukan pendaratan di Bulan. Apollo 12 diluncurkan pada tanggal 14 November 1969 dengan misi mengontrol dan memperbaiki wahana antariksa Surveyor 3. Sedangkan pada misi Apollo 13 mengalami kecelakaan kebocoran tanki oksigen sehingga menyebabkan batalnya pendaratan di Bulan.

Selanjutnya hadir pula Apollo 14 hingga Apollo 19. Banyaknya percobaan dan keberhasilan untuk mencapai wilayah luar angkasa ini membuktikan bahwa manusia mampu menciptakan teknologi yang mendukung tercapainya hal-hal di atas.

Selain prestasi pendaratan di bulan, belum lama ini manusia kembalimencoba untuk melakukan pencapaian-pencapaian lainnya, seperti astronaut Amerika Serikat Scott Kelly bersama Kosmonaut asal Rusia, Mikhail Kornienko mengakhiri misi setahun tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (read:http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/03/setelah-340-hari-di-luar-angkasa-scott-kelly-mendarat-di-bumi) dan juga beredar kabar bahwa akan ada seorang astronot dari Indonesia yang bernama Rizman Adhi Nugraha yang akan melakukan perjalanan ke luar angkasa. Jika rencana ini terlaksana, maka ia akan menjadi astronot Indonesia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.



Sumber referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar